Senin, 31 Desember 2012

“ Softskill itu Penting Sebagai Pendamping Hardskill “


 Sponge Bob dan Patrick dua orang mahasiswa disebuah perguruan tinggi sedang duduk bersandar pada batu koral di taman kampus mereka. Sponge Bob yang sedang asik bergelut dengan laptopnya tiba-tiba beralih melihat dan mengamati wajah Patrick yang terlihat tidak bersemangat.
Sponge Bob   : “ada apa kawan ku Patrick? Sepertinya kau terlihat lesu kurang bersemangat?”
Patrick            : “heemm… tidak ada masalah yang serius Sponge, aku hanya sedikit lelah dengan segala tugas kuliah di semester ini”
Sponge Bob   : “heyy.. ayolah Patrick jangan lesu begitu, nikmatilah masa-masa kuliah kita ini. Memang agak berat tapi untuk menjadi lebih baik kita memang butuh pengorbanan. Dibawa Have Fun saja” (sambil menepuk pundak Patrick dan tersenyum)
Patrick            : “kau betul Sponge, akan kucoba. Aahh apakah kau mengikuti kelas mata kuliah softskill?. Kau tahu aku tak begitu tertarik dengan matakuliah tersebut, menurutku tak begitu penting dan membuang waktu.”
Sponge Bob   : “biacara apa kau Patrick!. Kawan tidakkah kau tahu softskill sangat penting sebagai pendamping hardskill yang kita miliki”.
Patrick            : “jujur kawan, aku tak begitu mengerti mengenai hardskill dan softskill, kau tahu aku selalu memgantuk saat kelas matakuliah softskill.. hehe”
Sponge Bob   : “dasar Patrick kau ini. Baiklah aku akan menjelaskan sedikit mengenai hardskill dan softskill kepadamu, tapi kau jangan mengantuk dan tertidur yah. Oke?!.
Secara perlahan Sponge Bob mulai menjelaskan hal tersebut kepada Patrick.
Sponge Bob   : “baiklah Patrick akan kumulai dengan hardskill. hard skill merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. hard skill merupakan kemampuan untuk menguasai ilmu pengatahuan teknologi dan keterampilan teknis dalam mengembangkan intelligence quotient yang berhubungan dengan bidangnya. Contoh hardskill yang dapat terlihat pada prestasi mahasiswa yang ditunjukkan oleh indeks prestasi (IP).”
Patrick            : “dari penjelasanmu hadskill itu memang penting bagi setip individu, hardskill penting bagi kita mahasiswa untuk nanti terjun di dunia kerja dan bisnis.”
Sponge Bob   : “tepat sekali Patrick, nah begitu juga dengan sofskill juga sangat penting bagi kita sebagai mahasiswa!”
Patrick            : “hayooollaah sponge yang terpenting kita kuliah adalah mendapatkan prestasi dengan IPK yang memuaskan kawan.”
Sponge Bob   : “kau benar Patrick tapi hardskill saja tak cukup perlu softtskill sebagai pendampingnya. soft skill yaitu kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan kemampuan seseorang dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) serta kemampuan tambahan seseorang dalam kepercayaan/kepedulian baik terhadap penciptanya maupun orang lain (ekstrapersonal skills). “
Patrick            : “memamg apa saja contoh dari softskill sponge?”
Sponge Bob   : “beberapa keterampilan yang dimasukkan dalam kategori soft skill adalah: etika/profesional, kepemimpinan, kreativitas, kerjasama, inisiatif, facilitating kelompok maupun masyarakat, komunikasi, berpikir kritis, dan problem solving.”
Patrick            : “waaahhh kalau begitu softskill sangat penting juga yaa… aku mulai tertarik dengan kelas matakuliah softskill”
Sponge Bob   : “baguslah jika kau mulai tertarik, aku tambahkan lagi sedikit mengenai softskill padamu Patrick. Dalam dunia kerja, saat kita melamar pekerjaan sudah pasti hardskill sangat penting, mahasiswa perlu mempersiapkan dirinya dengan mengembangkan hard skill sebagai dasar untuk melamar pekerjaan dan diimbangi dengan soft skill sebagai landasan untuk melakukan pekerjaan. Karena hampir semua perusahaan dewasa ini mensyaratkan adanya kombinasi yang sesuai antara hard skill dan soft skill, apapun posisi karyawannya. Hal ini bisa dilihat pada iklan-iklan lowongan kerja berbagai perusahaan yang juga mensyaratkan kemampuan soft skill, seperi team work, kemampuan komunikasi, dan interpersonal relationship, dalam job requirementnya.”
Patrick            : “sekarang aku jelas megenai hardskill dan softskill. Mulai sekarang aku akan mulai rajin hadir dikelas matakuliah softskill, terima kasih atas penjelasanmu sobat!”
Sponge Bob   : “itu baru sedikit mengenai hardskill dan softskill Patrick, masih luas cakupannya.”
Patrick            : “baiklah aku tahu. Aahhh… sudah waktunya kita masuk ke kelas sponge. Ayoo kita bergegas ke kelas, sudahi dulu pembicaraan kita sampai sini”

Lalu Sponge Bob dan Patrick bersiap dan bergegas menuju kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar